Amankah Bercinta Setelah Serangan Jantung?

Senin, 05 Oktober 2015 - 12:33 WIB
Amankah Bercinta Setelah...
Amankah Bercinta Setelah Serangan Jantung?
A A A
JERMAN - Banyak hal yang harus diperhatikan oleh penderita penyakit jantung setelah mengalami serangan. Salah satunya mengubah gaya hidup seperti tidak merokok dan tidak mengonsumsi makanan berlemak.

Namun, menurut beberapa penelitian di Jerman, kegiatan bercinta merupakan salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan, kegiatan bercinta lebih baik dibandingkan naik tangga dan jalan cepat.

Dilansir dari Daily Mail, kegiatan ini dinilai aman dan tidak memicu serangan jantung bagi penderita. Para peneliti menemukan hampir 80% penderita penyakit jantung aman berhubungan seks setelah mengalami serangan jantung.

"Studi ini penting untuk meyakinkan pasien tidak perlu khawatir dan harus melanjutkan aktivitas seksual mereka seperti biasa," papar penulis studi, Dietrich Rothenbacher.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American College of Cardiology ini juga mengungkapkan, beberapa obat-obatan bisa memicu penderita penyakit jantung mengalami impotensi dan mengakibatkan penurunan tekanan darah. Untuk itu, penderita penyakit jantung dianjurkan berkonsultasi pada dokter.

Sementara itu, British Heart Foundation menyatakan, penderita penyakit jantung bisa berhubungan seks setelah mereka merasa cukup baik. Umumnya, empat sampai enam minggu setelah serangan jantung.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)